Friday, October 26, 2018

Informasi mengenai Digital Printing

Perkembangan teknologi yang kian canggih kini berpengaruh pada berkembangnya alat produksi, salah satunya yaitu jenis mesin digital printing yang selalu upgrade dan terus berkembang dengan model dan spesifikasi yang berbeda. Mesin digital printing sendiri merupakan mesin yang digunakan untuk mencetak sesuatu seperti gambar, logo, tulisan pada media tertentu yang bekerja secara digital atau modern yaitu berdasarkan file yang kemudian di cetak dengan berbagai macam media dan tidak memakan banyak waktu.

Mesin Digital Printing ini merupakan hasil inovasi terbaru yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan. Dari zaman ke zaman, segala bentuk peralatan atau perlengkapan cetak manual, kini telah di upgrade dengan membuat mesin digital printing yang sangat cangih dan tidak memakan banyak biaya produksi.


Macam-macam Mesin Digital Printing :

1.Mesin Digital Indoor


Mesin digital indoor adalah mesin yang dapat mencetak dengan hasil yang halus, namun tidak tahan terhadap sinar matahari. Itu sebabnya dia disebut mesin digital indoor yang khusus digunakan pada ruang indoor saja. Hasil pada mesin digital printing indoor adalah seperti Banner, brosur, kalender, poster, menu makanan, neonbox indoor dan lain-lain. Mesin digital printing indoor ini memiliki kualitas yang bagus ketika dilihat dari jarak dekat

Apakah definisi dari Mesin Indoor?

Mesin Indoor adalah mesin yang menghasilkan cetakan yang halus namun tidak tahan terhadap sinar matahari maupun air. Umumnya setelah proses cetak membutuhkan laminasi ataupun coating liquid agar melindungi cetakan hal - hal seperti tangan basah.

Aplikasinya pun bermacam - macam, seperti:
Poster, Banner, Pemetaan / geografis, Neonbox indoor, Stiker, Photo, Lukisan, Backdrop, Menu restauran dan masih banyak lagi ...

Mesin indoor
Dengan Beragam Tinta sesuai dengan teknologi yang digunakan:
Tinta Solvent, tinta Eco Solvent, tinta UV Curable dan Tinta Latex.
Kualitas tinta juga bermacam - macam.

    Media yang bervariasi bergantung kegunaannya:
  • Duratrans / Backlit Film : untuk Neonbox di dalam ruangan biasa banyak dipasang di etalase mal.
  • Stiker : dapat dipakai sebagai alternatif untuk aplikasi neonbox.
  • PP Paper : untuk banner seperti Roll Banner / X Banner, dapat juga digunakan sebagai poster. (namun mudah melengkung di sisi kiri dan kanan).
  • Kanvas : untuk lukisan atau foto keluarga
  • Photo Paper : untuk aplikasi foto ataupun menu restaurant.


Resolusi cetakan juga beragam bergantung pada teknologi yang digunakan:
Resolusi Sedang - Teknologi Novajet namun harga murah mulai dari 18 juta.
Resolusi Tinggi - Teknologi Hewlett Packard / Epson / Canon


2.Mesin Digital Outdoor

Mesin digital outdoor ini adalah kebalikannya dari mesin digital indoor. Mesin digital priting outdoor cenderung di khususkan untuk diluar ruangan dan dapat bertahan pada cuaca panas matahari maupun air seperti hujan. Tingkat keawetannya memang dapat di acungi jempol. Mesin digital printing outdoor biasa digunakan pada media seperti baliho dan spanduk. Biasanya digunakan untuk advertising outdoor.

Mesin digital printing outdoor adalah mesin digital printing yang menghasilkan cetakan yang dapat diaplikasikan baik itu didalam maupun di luar ruangan dan tahan cuaca* (Terik Matahari dan Hujan). Mesin ini sangat di buru pengusaha digital printing, karena kualitas dan harga mesin digital printing outdoor yang setara dengan hasil cetaknya.
Apakah ada perbedaan harga mesin digital printing outdoor dengan mesin digital printing indoor? tentu ada, harga mesin digital printing outdoor memang lebih mahal dibandingkan mesin digital printing indoor, karena kemampuan mesin digital printing outdoor di atas mesin digital printing indoor

3.Mesin Digital Semi Indoor dan Outdoor

Two in one. Ya bisa di sebut seperti itu. Memiliki double fungsi dalam satu mesin, mesin digital semi indoor dan outdoor ini menggunakan basic tinta eco solvent. Hasil kualitas yang dimiliki oleh media yang menggunakan mesin digital semi outdoor dan indoor ini terletak pada tingkat kualitas gambar yang sama dengan mesin digital indoor dan kualitas ketahanannya sama dengan mesin digital outdoor. Tinta yang digunakan merupakan tinta yang aman dan tidak meninggalkan aroma tinta di dalam ruangan yang pastinya juga ramah lingkungan. Pengaplikasiannya juga sama yaitu untuk banner, spanduk dll.

Mesin cetak digital multifungsi ini dapat digunakan untuk mencetak promosi indoor dan outdoor, karena berbasis tinta eco solvent yang tidak berbau, sehingga aman dan ramah lingkungan.

4.Mesin Digital Printing Photographic

Mesin digital printing Photographic ini merupakan mesin yang digunakan khusus untuk dunia photograph. Mengapa? Karena saat lensa camera menangkap gambar yang memiliki jutaan gradasi warna memerlukan hasil cetakan yang sama persis dengan apa yang telah di tangkap oleh lensa camera. Sehingga tinta yang digunakan juga bukan tinta biasa yang hanya memiliki warna terbatas. Tinta yang digunakan harus tinta khusus yang memiliki banyak pilihan warna agar hasil cetakan photographer sesuai dengan hasil tangkapan pada lensa camera. Mesin ini digunakan untuk mencetak sesuatu yang berhungungan dengan photography.

5.Mesin Digital Printing Textile / Mesin Cetak Kaos Digital

Mesin digital printing textile ini digunakan untuk mencetak gambar maupun font atau logo dan sebagainya pada media kain. Apabila pada tahun-tahun sebelumnya, menggambar pada kain secara manual memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan ketelitian yang jeli. Kini mesin digital printing textile telah hadir untuk dapat mempermudah mencetak gambar pada kaos atau kain secara langsung. Tinta yang digunakan juga sangat ramah lingkungan dan aman. Mesin ini juga biasa disebut mesin printer DTG (Direct to Garment).

6.Screen Digital Printing

Screen digital printing atau disebut dengan sablon digital kaos yang berfungsi untuk mentransfer tinta dari mesin ke bahan kaos secara langsung atau istilah lainnya yaitu sistem sublim dengan menggunakan kertas dan tinta khusus sublim. Hasil dari proses ini juga sangat bagus dan awet tahan lama. Penggunaannya juga sangat efektif dan efisien.

7.Offset Printing

Mesin cetak yang menggunakan Plate dengan proses pemindahan huruf ke Blanket.  Karena harganya yang cukup mahal, alat ini biasanya diperuntukan untuk usaha percetakan saja. Untuk mencetak dalam jumlah besar disarankan untuk menggunakan mesin ini, karena ongkosnya lebih murah dibandingkan jika menggunakan mesin digital printing.

8.Screen Printing

Jenis pencetakan yang menggunakan metode cetak saring. Oleh karena itu dalam prosesnya cetak sablon memerlukan sebuah media penyaring tinta yang dinamakan kain saring atau screen. Screen adalah sebuah media penyaring tinta keatas bahan cetak sekaligus tempat meletakkan tinta selama proses penyablonan.

9.Digital Printing

proses pencetakan suatu gambar atau design ke media cetak dari komputer melalui alat cetak secara langsung tanpa perlu pembuatan film atau plate. Jadi cetak dengan mesin printer biasa pun juga boleh dikatakan sebagai  cetak digital . Atau pengertian simplenya bahwa digital printing adalah proses printing yang menggunakan mesin digital atau mesin berteknologi digital ke media cetak yang akan digunakan.

Offset Printing : File gambar → Film/Plate→ Mesin → Media
Screen Printing : File gambar →Film/ Kalkir→ Screen→  Media
Digital Printing : File gambar→  Mesin→ Media

    Kelebihan Offset Printing
  • Kualitas warna yang dihasilkan tidak cepat pudar & awet
  • Dapat dicetak dalam berbagai jenis kertas tanpa ada batas ukuran
  • Dapat dicetak dalam bidang bermotif, bahkan dnegan bahan yang tipis
  • Warna hasil cetakan tajam saat anda menggunakan tinta full block
  • Dapat cetak dalam jumlah banyak


    Kelebihan Screen Printing
  • Warna sablonan tidak cepat pudar, tergantung tinta yang digunakan
  • Bisa menggunakan teknik timbul, busa, discharge, foil dll
  • Untuk pemesanan massal, biaya sablon lebih murah


    Kelebihan Digital Printing
  • Proses produksi cetak lebih praktis, dan hasil cetak/print bisa langsung terlihat
  • Waktu pengerjaan singkat
  • Proses cetak tidak rumit, sehingga tidak membutuhkan keahlian khusus
  • Bisa cetak / print sesuai keinginan satuan atau lusinan
  • Cetak digital hitam dan putih murah
  • Lebih aman dan ramah lingkungan


10.Digital Offset Printing

Mesin digital offset printing ini digunakan untuk mencetak kertas Hvs, Art Paper, Matte Paper, Fancy, Duplek, Ivory, dll. Mesin ini digunakan untuk percetakan secara massal. Hanya perushaan tertentu atau bisnis yang sudah berkembang pesat yang menggunakan mesin digital offset printing ini.

Mesin digital printing sendiri memiliki kelebihan antara lain :

    Kelebihan Mesin Digital Printing :

  • Waktu Produksi lebih efektif dan efisien
  • Dapat Mencetak atau Print jumlah sesuai keinginan ( Print On Demand ), tanpa harus ada Minimal Order, bahkan untuk mencetak dalam satuan.
  • Proses Produksi Mencetak lebih Ringkas dan praktis, dan Hasil Cetak / Print bisa langsung kelihatan.
  • Tenaga Kerja yang lebih sedikit karena Proses Produksinya hampir 80% dilakukan oleh mesin.
  • Cara kerja yang mudah tanpa memerlukan keahlian khusus hanya beberapa hari sudah bisa mengoperasikan mesin.


Untuk harga mesin digital printing pun beragam dan sesuai dengan masing-masing jenis mesin digital printing. Mesin digital sendiri adalah inovasi terkini dengan teknik percetakan dari gambar, text, logo dan sejenisnya berbasis digital dari file yang kemudian bisa di cetak dengan menggunakan mesin digital printing. Itulah sedikit informasi mengenai macam-macam jenis mesin digital printing semoga bisa menambah pengetahuan untuk Anda. Semoga Bermanfaat


11.Mesin Digital UV Printing

Mesin digital UV printing merupakan mesin digital dengan teknology canggih prosesnya hampir sama dengan mesin cetak sablon kaos digital, hanya saja media yang biasa digunakan yaitu kaca, keramik, acrilyc, triplek, kayu dll. Hasil dari proses cetak pada media diatas sangat awet dan tahan lama. Sebab, tinta yang digunakan dapat menempel dengan kuat, tentunya menggunakan tinta khusus UV juga, karena proses pengeringannya menggunakan LED UV yang secara otomatis jika terkena lampu UV tinta akan kering.

No comments:

Post a Comment

Follow Us